Rabu, 26 Desember 2012

Contoh Format Kerangka Makalah

Contoh Format Kerangka Makalah - Tata cara menulis makalah yang baik adalah salah satu faktor sukses untuk mendapatkan hasil terbaik dalam pembuatan makalah pendidikan. Hal ini berlaku untuk semua tingkat pendidikan mulai dari SLTP, SMU, Kuliah S1, S2 dan lainnya.

Pada umumnya, kerangka makalah hampir sama tergantung dari tingkat pendidikan ataupun tergantung dari tingkat masalah yang diuraikan dalam makalah tersebut. Andaikan saja tingkat uraian masalah yang dijabarkan di makalah tugas SMU tidak sama dengan tingkat uraian dalam makalah seseorang yang duduk diperkuliahan.
format kerangka makalah
Akan tetapi, beberapa hal yang pasti dan tetap akan ada dalam urutan makalah (kerangka / format makalah) bisa anda lihat seperti dibawah ini:

Cover
Pada cover makalah ini, biasanya kita isi dengan beberapa keterangan, Seperti :
tugas kelompok, judul makalah yang dibuat, nama dosen pengampu, logo universitas, serta nama dan NIM sobat (atau mungkin anggota kelompok sobat)

Daftar IsiPada halaman ini akan berisi tentang layout dari makalah. Berisi judul dan nomor halaman setiap uraian yang ada di makalah. Seperti:

BAB I Pembahasan
A. Dasar Cinta .................................... 5
B. Psikologi Cinta ................................ 8
C. Pacaran yang Baik .............................. 12
D.

BAB II.
A.
B.
. Dan seterusnya.


KATA PENGANTARDi halaman ini, biasanya berisi kata pengantar atau salam pembuka yang umumnya berisi tentang hal dasar pemikiran kenapa JUDUL MAKALAH yang diangkat dan dibahas dalam makalah. Akan tetapi hanya sekilas yang diakhiri dengan tanda tangan pembuat makalah.

BAB I PendahuluanLatar Belakang (Masukan Fakta Sekarang)
Manfaat dan Tujuan Makalah.

BAB II PembahasanPengertian
Refrensi / sumber yang terkait dengan penelitian dalam makalah sobat.

BAB III Studi KasusPada bab ini kita hubungkan materi makalah yang kita bahas dengan studi kasus yang ada pada zaman sekarang ( yang anda alami saat ini). Tapi biasanya hanya beberapa dosen yang memberi perintah untuk mencantumkan studi kasus ini.

BAB IV Penutup

Kesimpulan
Kesimpulan atau hal apa yang menjadi solf problem dalam makalah

Saran
Berikan beberapa saran tentang hal terkait dalam isi makalah

DAFTAR PUSTAKACatatan dari mana saja sumber-sumber yang anda tuliskan di makalah anda

LAMPIRAN
Lampiran berisi beberapa file pendukung makalah yang sudah dibahas. Biasanya berisi table, grafik, flowchart atau gambar skema.


Demikian Contoh Format Makalah atu biasa disebut dengan kerangka makalah yang bisa anda gunakan dalam menulis makalah tugas pendidikan disekolah atau perkuliahan anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan lihat tentang contoh makalah yang ada diblog ini.

Cara Membuat Makalah di atas bisa juga membuat seperti artikel Makalah Pendidikan,Majalah Pendidikan,Makalah Pancasila,Makalah Makar,Makalah Indonesia,Makalah Tentang Korupsi,Makalah Tentang Sosial,Makalah Hukum,Makalah Pendidikan,Makalah Kasus,dan makalah download,contoh makalah global warning,contoh cover makalah,contoh makalah pendidikan anak usia dini,contoh makalah ekonomi,contoh makalah sumber daya alam,contoh makalah agama,contoh penutup makalah, semoga aja anda bisa membuat Makalah seperti yang di inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar